Zelensky: Tidak Ada yang Cukup untuk Ukraina

Rabu, 02 Agustus 2023 - 02:01 WIB
loading...
Zelensky: Tidak Ada yang Cukup untuk Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Global Look Press/Office of the President Of Ukraine
A A A
KIEV - Presiden Volodymyr Zelensky menegaskan bantuan yang diberikan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya ke Ukraina di tengah konflik dengan Rusia tidak cukup.

Pernyataan itu diungkapkan Zelensky kepada penyiar Globo News Brasil dalam wawancara pekan lalu.

"Selama perang berlanjut, tidak ada yang cukup," ujar Zelensky kepada outlet tersebut.

Menurut Zelensky, Ukraina tidak hanya membutuhkan senjata. Kiev juga membutuhkan bantuan dalam apa yang disebutnya "perang informasi" dan lebih banyak bantuan kemanusiaan.

Dia meminta Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva untuk memasok Ukraina dengan peralatan penjinak ranjau untuk membersihkan daerah yang katanya telah dipasangi ranjau oleh pasukan Rusia dan kemudian direbut kembali oleh pasukan Ukraina.

Dia juga menyarankan agar Lula dapat membantu Kiev dengan mengadakan pertemuan antara Zelensky dan para pemimpin Amerika Latin di mana mereka dapat berbicara.



Zelensky mengatakan dia tidak akan pernah meminta senjata kepada Lula karena dia tahu presiden Brasil tidak akan memberikannya.

AS dan sekutunya telah mengirim senjata, amunisi, dan peralatan senilai lebih dari USD100 miliar ke Ukraina sejak permusuhan dengan Rusia meningkat pada Februari 2022. Meski demikian, Barat bersikeras mereka sebenarnya bukan pihak dalam konflik tersebut.

Jumlah total bantuan Barat ke Kiev bertambah hingga 165 miliar euro (USD185,6 miliar) pada awal musim panas 2023, menurut data dari Kiel Institute for the World Economy (IfW).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)